FASILITASI RANCANGAN PERKADA RKPD KABUPATEN PATI TAHUN 2023 OLEH PEMERINTAH PROVINSI JAWA TENGAH

Senin, 20 Jun 2022 | 10:39:30 WIB - Oleh Administrator


Mendasarkan Permendagri Nomor 86 Tahun 2017 pasal 102 ayat (2) bahwa Bupati/Walikota menyampaikan Rancangan Akhir Peraturan Kepala Daerah (Perkada) tentang RKPD kepada Gubernur melalui Kepala Bappeda Provinsi untuk difasilitasi dan berdasarkan Surat Bupati/Walikota perihal Permohonan Fasilitasi Rancangan Perkada RKPD Kabupaten/Kota Tahun 2023.

Sehubungan dengan hal itu maka Rancangan Perkada RKPD Kabupaten Pati Tahun 2023 juga dilakukan fasilitasi oleh Pemerintah Provinsi dan kegiatan dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 7 Juni 2022 bertempat di Ruang Rapat BPTPHP Salatiga Dinas Pertanian Provinsi Jawa Tengah Jl. Magelang-Salatiga Mangunsari Sidomukti Kota Salatiga.

Hadir dalam acara tersebut adalah Kepala Bappeda Kabupaten Pati (Dr. Muhtar, SIP, MM) beserta jajaran di Bappeda Kabupaten Pati, Perwakilan dari BPKAD Kabupaten Pati, dan Perwakilan dari Inspektorat Daerah Kabupaten Pati.

Sementara itu Tim Fasilitasi Tingkat Provinsi terdiri dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah, BPKAD Provinsi Jawa Tengah, Inspektorat Provinsi Jawa Tengah, dan Setda Provinsi Jawa Tengah.

Acara dibuka oleh Bapak Bayu Lestanto dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah.

Dilanjutkan dengan paparan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pati

Dipaparkan tentang proses, latar belakang, landasan hukum penyusunan RKPD 2023; Isu Strategis dan prioritas daerah, indikator kinerja daerah, kerangka pendanaan; Gambaran penanggulangan kemiskinan, stunting dan pertumbuhan ekonomi.

a.    Tema RKPD 2023 adalah Meningkatkan Ketahanan Ekonomi Menuju Masyarakat Sejahtera dengan 4 Isu Strategis dan 15 prioritas pembangunan daerah tahun 2023.

  1. Permasalahan kemiskinan dan upaya penanggulangannya : Tingkat kemiskinan di Kabupaten Pati tahun 2017 – 2021 masih berada dibawah Jawa Tengah namun berada diatas Nasional.
  2. Telah banyak upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pati dalam rangka penanggulangan kemiskinan.
  3. Upaya penanggulangan stunting di Kabupaten Pati juga telah banyak dilakukan diantaranya kegiatan ayo gemari, GP2SP, tingkatkan pola iman dan replikasi.
  4. Upaya yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Pati dalam rangka penguatan/peningkatan pertumbuhan ekonomi diantaranya modernisasi pertanian, peningkatan kualitas infrastruktur, peningkatan kemampuan akses.

 

Setelah pemaparan oleh Kepala Bappeda dilanjutkan dengan proses fasilitasi oleh Tim Provinsi Jawa Tengah Fasilitasi yang merupakan gabungan dari Bappeda Provinsi, Setda Provinsi, BPKAD Provinsi, Inspektorat Daerah Provinsi, dan Fungsional Perencana Provinsi berupa konfirmasi, pencermatan, dan usulan masukan hal-hal yang belum tercantum di Rancangan Perkada RKPD Kabupaten Pati Tahun 2023 agar ditindaklanjuti dan dilengkapi.