FORUM PERANGKAT DAERAH TAHUN 2023 DALAM RANGKA PENYUSUNAN RENCANA KERJA PERANGKAT DAERAH TAHUN 2024

Senin, 13 Mar 2023 | 09:11:48 WIB - Oleh Administrator


Forum Perangkat Daerah merupakan salah satu tahapan dalam proses penyusunan RKPD guna membahas Rancangan Renja Perangkat Daerah sesuai tugas dan fungsi Perangkat Daerah bersama pemangku kepentingan yang diselaraskan dengan hasil musrenbang RKPD di tingkat kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD.

Kegiatan Forum Perangkat Daerah dilaksanakan pada tanggal 9 – 10 Maret 2023  bertempat di Bappeda Kabupaten Pati.

Pelaksanaan Pembukaan Forum dilaksanakan pada tanggal 9 Maret 2023 yang dihadiri oleh Pj. Bupati Pati sekaligus membuka acara, Ketua DPRD Kabupaten Pati, Anggota DPRD Kabupaten Pati, Kepala Bappeda Kabupaten Pati, Semua Kepala OPD di Kabupaten Pati, Delegasi Kecamatan, dan lembaga/ormas terkait.

Adapun tujuan Forum Perangkat Daerah adalah : 1) Menyelaraskan program dan kegiatan perangkat daerah dengan usulan program dan kegiatan hasil musrenbang RKPD di kecamatan dan pokok-pokok pikiran DPRD; 2) Mempertajam indikator serta target kinerja program dan kegiatan perangkat daerah sesuai tugas dan fungsi perangkat daerah; 3) Menyelaraskan program dan kegiatan antar perangkat daerah dalam rangka optimalisasi pencapaian sasaran sesuai dengan kewenangan dan sinergitas pelaksanaan prioritas pembangunan daerah; 4) Menyesuaikan pendanaan program dan kegiatan prioritas berdasarkan pagu indikatif untuk masing-masing perangkat daerah.

Acara pembukaan Forum Perangkat Daerah diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan doa, selanjutnya adalah Laporan Penyelenggaraan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pati Dr. Muhtar, SIP, MM, dilanjutkan sambutan pengarahan dan kata pembukaan oleh Penjabat Bupati Pati Bapak Henggar Budi Anggoro, S.T., M.T.

Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan dengan desk pembahasan Ranwal Renja Perangkat Daerah di masing-masing bidang dan dibagi tiga bidang yaitu Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan, Bidang Perekonomian dan Sumber Daya Alam, dan Bidang Pemerintahan dan Pembangunan Manusia.