Penyerahan Penghargaan Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Pati Innovation Award dan Bimtek Penu
Penyerahan Penghargaan Lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Pati Innovation Award dan Bimtek Penulisan Naskah karya Ilmiah Tahun 2024

Kamis, 19 Sep 2024 | 08:13:20 WIB - Oleh Administrator


Acara Penyerahan Penghargaan lomba Kreativitas dan Inovasi (Krenova) Pati Innovation Award dan bimtek Penulisan Naskah Karya Ilmiah Tahun 2024 diselenggarakan pada hari Kamis tanggal 12 September 2024 bertempat di Ruang Rapat Pragola Setda Kabupaten Pati yang dihadiri oleh Ketua Dewan Pakar Lomba krenova Pati Innovation Award Bapak Daniel Alfa Puryono, M.Kom dan narasumber Bapak Prof. Dr. Dian Wijayanto, S.Pi., M.M., M.SE dengan peserta Lomba Krenova Pati Innovation Award baik pemenang dan finalis berjumlah 46 orang dan peserta bimtek berjumlah 42 orang. Dalam pembacaan Laporan Ketua Panitia Penyelenggara, Bapak Dr. Muhtar, S.I.P., M.M menyampaikan bahwa acara ini bertujuan untuk meningkatkan budaya kreativitas dan inovasi masyarakat, menumbuhkembangkan penulisan karya ilmiah serta penyebarluasan IPTEK pada masyarakat luas khususnya masyarakat Kabupaten Pati.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan penghargaan berupa piala, piagam penghargaan, dan uang pembinaaan kepada pemenang Lomba Krenova Pati Innovation Award Tahun 2024 oleh Pj. Bupati Pati Bapak Dr. Ir. Sujarwanto Dwiatmoko, M.Si.

Dalam sambutannya Bapak Pj. Bupati Pati menyampaikan bahwa pelaksanaaan Lomba Krenova Pati Innovation Award Tahun 2024 telah sesuai dengan perkembangan isu strategis saat ini khususnya mengenai kelangkaan pangan, air, dan energi. Diharapkan dengan adanya inovasi tersebut dapat mewujudkan kedaulatan pangan, air, dan energi di Indonesia. Provinsi Jawa Tengah sendiri telah mencanangkan sebagai Solar Cell Province. Selain itu, bimtek penulisan karya tulis ilmiah diharapkan agar menjadi budaya menulis bagi masyarakat sesuai dengan sistematika penulisan dan cara menuangkan ide secara saintifik. Kerja sama yang dilakukan dengan menggandeng perguruan tinggi sebagai bagian dari pentahelix perlu dilakukan dalam rangka menjembatani hasil penelitian sebagai dasar pengambilan kebijakan (evidence based policy). Setelah menyampaikaan sambutan dan arahan, Bapak Pj Bupati Pati sekaligus membuka acara Bimtek Penulisan Naskah Karya Ilmiah.

Acara Bimtek Penulisan Karya Ilmiah diisi oleh Prof. Dr. Dian Wijayanto, S.Pi., M.M., M.S.E dari Fakultas Perikanan dan Ilmu Kelautan Universitas Diponegoro dan dipandu moderator Dr. Herna Oktivia Damayanti, S.Kel., M.Si dari Bapperida Kabupaten Pati.  Materi terdiri dari 2 pokok bahasan yaitu panduan umum penulisan karya ilmiah dan Systematic Literature Review. Pokok bahasan pertama berisi tentang sistematika publikasi ilmiah secara umum yang terdiri dari judul, abstrak, pendahuluan, metode,  hasil dan pembahasan, kesimpulan, saran dan daftar pustaka. Adapun pokok bahasan kedua berisi tentang definisi dan langkah-langkan membuat karya ilmiah dengan metode Systematic Literature Review.