RAPAT EVALUASI KEGIATAN GERAKAN SATU PERANGKAT DAERAH SATU DESA DAMPINGAN TERINTEGRASI PENANGANAN ST

Rabu, 12 Okt 2022 | 11:07:44 WIB - Oleh Administrator


Rapat evaluasi dilaksanakan pada hari Senin tanggal 19 September 2022 bertempat di Ruang Rapat Joyokusumo Sekretariat Daerah Kabupaten Pati.

Acara rapat dipimpin oleh Penjabat Bupati Pati, dihadiri oleh seluruh kepala OPD (28 kepala OPD), Asisten Pemerintahan dan Kesra Setda, Kabag Kesra, Ketua Baznas, Kepala Cabang ESDM Wilayah Kendeng Muria, Bank Jateng Wilayah Pati, BPR BKK Cabang Pati, BPJS Kesehatan Cabang Pati, dan Rumah Sakit KSH Pati.

 

Rincian susunan acara dimulai dari pembukaan, doa, laporan dari Kepala BAPPEDA Kabupaten Pati, paparan dari Penjabat Bupati Pati, dan dilanjutkan dengan diskusi dan tanya jawab yang dipimpin oleh Tenaga Ahli Pemberdayaan Masyarakat.

 

Maksud dan tujuan rapat adalah :

  1. Evaluasi pelaksanaan kegiatan.
  2. Perangkat Daerah diharapkan melaporkan hasil pelaksanaan pendampingannya.
  3. Penyampaian dari Baznas terkait alur dan syarat-syarat yang harus dipenuhi Perangkat Daerah sehingga Perangkat Daerah segera menindaklanjuti intervensi bantuan dari Baznas terkait penerima bantuan by name by address.
  4. Mengajak Kepala Perangkat Daerah dan pihak ketiga untuk ikut menjadi Bapak Asuh Anak Stunting (BAAS).

 

Gerakan Satu Perangkat Daerah Satu Desa Dampingan Kabupaten Pati telah dilaksanakan oleh PD dan sudah dalam tahap penyelesaian assessment, dan telah menghasilkan rekap data inventarisasi kebutuhan masyarakat pada 47 desa dampingan oleh 28 PD. Selanjtnya dari data ini dibutuhkan intervensi agar masyarakat mendapat dampak positif dari kegiatan ini.

Kepala PD diharapkan untuk memantau pelaksanaan Musdes Verval Data di desa dampingannya untuk memastikan agar data hasil musdes benar, akurat, dan valid.

Pemangku kepentingan sudah menindaklanjuti keterlibatannya untuk memberikan bantuan terkait gerakan ini diantaranya Baznas, BPR BKK Pati, Bank Jateng Cabang Pati.Diharapkan untuk kepala PD segera menindaklanjuti kegiatan pendampingan untuk desa dampingannya, menghubungi pihak ketiga untuk mengintervensi kebutuhan yang ada di desa dampingannya.

Sementara itu untuk kontribusi penanganan stunting di Kabupaten Pati, diberikan dalam bentuk Pemberian Makanan Tambahan (PMT) atau penyediaan jamban sehat dan air bersih untuk 1.236 anak baduta stunting di Kabupaten Pati.

Sedangkan para pelaku kepentingan yang sudah menindaklanjuti keterlibatannya untuk memberikan bantuan terkait BAAS diantaranya PT. BPR Bank Daerah Pati, RS Assuyutiah, RS Mitra Bangsa. Diharapkan untuk kepala PD ikut berkontribusi sebagai Bapak Asuh Anak Stunting.