SEKRETARIAT

>>> Diposting tanggal : 30 Juni 2015

Sekretaris
Tugas Pokok
1. Sekretaris Badan Perencanaan Pembangunan Daerah mempunyai tugas pokok Menyiapkan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan perencanaan, keuangan, umum dan kepegawaian
.
Fungsi
Sekretaris dalam menjalankan tugasnya mempunyai fungsi :
a. penyiapan bahan perumusan koordinasi, fasilitasi dan konsultasi pelaksanaan perencanaan pembangunan;
b. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan bidang keuangan; dan
c. penyiapan bahan perumusan kebijakan teknis, pembinaan dan pelaksanaan bidang umum dan kepegawaian.

Rincian Tugas
Sekretaris mempunyai rincian tugas sebagai berikut :
a. melaksanakan koordinasi perumusan kebijakan bidang kesekretariatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. melaksanakan koordinasi perencanaan program kegiatan di bidang kesekretariatan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
c. melaksanakan koordinasi, konsultasi dan fasilitasi guna kelancaran pelaksanaan tugas;
d. melaksanakan koordinasi penyiapan data dan informasi bidang kesekretariatan sebagai bahan pelaksanaan tugas;
e. melaksanakan koordinasi penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD);
f. melaksanakan koordinasi penyusunan Rencana Kerja (RENJA) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA);
g. menyiapkan bahan koordinasi Penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA) serta Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD);
h. menyiapkan bahan koordinasi penyusunan RAPBD dengan Satuan Kerja Perangkat Daerah (SKPD);
i. melaksanakan dan mengkoordinasikan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (MUSRENBANG) Daerah;
j. melaksanakan koordinasi penyusunan Program Pembangunan Multi Tahunan;
k. melaksanakan koordinasi Pelaksanaan Kegiatan bidang-bidang di lingkungan BAPPEDA;
l. mengatur dan mengendalikan pengadministrasian surat menyurat, perpustakaan, kearsipan, perlengkapan rumah tangga serta penyelenggaraan rapat dinas;
m. melaksanakan koordinasi perencanaan, pengelolaan, pengawasan keuangan dan adminisrtasi pelaksanaan keuangan;
n. mempelajari dan menjabarkan perintah atasan serta Peraturan Perundang-undangan berlaku sesuai bidang tugasnya;
o. memberikan petunjuk dan arahan dan mendistribusikan tugas kepada bawahan;
p. memantau, memeriksa dan meneliti pekerjaan bawahan;
q. menyusun laporan pelaksanaan tugas kepada atasan sesuai dengan bidang tugas dan ketentuan yang berlaku;
r. menilai kinerja bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang berlaku;
s. memberikan saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya; dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai bidang tugasnya

A. Sub Bagian Program mempunyai rincian tugas :

a. merencanakan program kegiatan di sub bagian Program sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja (RENJA) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Subbag Program dan BAPPEDA Kabupaten Pati;
c. menyiapkan bahan Koordinasi Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pati sesuai bidang tugas BAPPEDA;
d. menyiapkan bahan dalam penyusunan Kebijakan Umum APBD (KUA), Prioritas dan Plafon Anggaran Sementara (PPAS) serta dalam penyusunan RAPBD BAPPEDA Kabupaten Pati;
e. menyiapkan bahan Koordinasi Pelaksanaan Penjaringan Aspirasi Masyarakat;
f. menyiapkan bahan penyelenggaraan pelaksanaan Musrenbang;
g. menyiapkan bahan penyusunan penyusunan usulan program/kegiatan APBN dan APBD Provinsi;
h. menghimpun dan mempelajari pedoman pelaksanaan dan peraturan sesuai dengan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku;
i. melaksanakan koordinasi dengan sub bagian/sub bidang lain di lingkungan BAPPEDA;
j. melaksanakan pemantuan dan evaluasi atas pelaksanaan pembangunan;
k. menjabarkan perintah atasan dan membagi tugas kepada bawahan;
l. memberikan petunjuk dan arahan pelaksanaan tugas bawahan;
m. memantau, memeriksa dan meneliti pekerjaan bawahan;
n. mengevaluasi dan menilai kinerja bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang berlaku;
o. melaporkan perkembangan pelaksanaan kegiatan kepada atasan;
p. memberikan saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya; dan
q. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai bidang tugasnya.

B. Sub Bag Keuangan mempunyai rincian tugas

a. merencanakan program kegiatan di sub bagian Keuangan sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja (RENJA) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Subbag Keuangan;
c. menyiapkan bahan Koordinasi Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pati;
d. menyediakan bahan penyelenggaraan Musrenbang;
e. melaksanakan Akutansi dan pelaporan keuangan BAPPEDA;
f. melaksanakan pembinaan administrasi keuangan BAPPEDA;
g. melaksanakan kerjasama dengan subbag lainnya dan subbid BAPPEDA;
h. melaksanakan koordinasi laporan keuangan masing-masing kegiatan pada semua bidang;
i. menghimpun dan mempelajari pedoman pelaksanaan dan peraturan sesuai dengan perundang-undangan yang berlaku;
j. menjabarkan perintah atasan dan membagi tugas kepada bawahan;
l. memantau, memeriksa dan meneliti pekerjaan bawahan;
m. melaporkan perkembangan pelaksanaan kegiatan kepada atasan;
n. memberikan saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya; dan
o. melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai bidang tugasnya.

C. Sub Bagian Umum dan Kepegawaian mempunyai rincian tugas

a. merencanakan program kegiatan di sub bagian Umum dan Kepegawaian sebagai pedoman pelaksanaan tugas;
b. menyiapkan bahan penyusunan Rencana Kerja (RENJA) dan Rencana Kerja dan Anggaran (RKA) Subbag Umum dan Kepegawaian;
c. menyiapkan fasilitas Koordinasi Penyusunan Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD), Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD), Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pati;
d. menyediakan fasilitas Rapat Koordinasi Pelaksanaan Penjaringan Aspirasi Masyarakat dengan SKPD Kabupaten;
e. menyediakan absensi/daftar hadir;
f. mempersiapkan Surat Perintah Tugas dan Surat Perintah Perjalanan Dinas internal BAPPEDA:
g. menghimpun dan mempelajari Pedoman Pelaksanaan dan Peraturan Perundang-Undangan yang berlaku;
h. menjabarkan perintah atasan dan membagi tugas kepada bawahan;
i. melaksanakan, mengendalikan dan mengadministrasikan surat menyurat;
j. melaksanakan, mengendalikan perpustakaan, keasipan, perlengkapan rumah tangga dan penyelenggaraan rapat;
k. mengelola administrasi kepegawaian di lingkungan BAPPEDA;
l. mengusulkan pegawai untuk melaksanakan Prajabatan, Diklat Struktural dan Fungsional, Ujian Dinas Ujian Penyesuaian Ijasah serta Diklat teknis lainnya;
m. melaksanakan pengelolaan, pemeliharaan dan perawatan barang-barang inventaris BAPPEDA;
n. melaksanakan usulan pengadaan dan penghapusan barang inventaris BAPPEDA;
o. melaksanakan kerjasama dengan sub bagian lainnya dan sub bidang internal BAPPEDA;
p. memberi petunjuk dan arahan pelaksanaan tugas bawahan;
q. memantau, memeriksa dan meneliti pekerjaan bawahan;
r. mengevaluasi dan menilai kinerja bawahan secara berkala melalui sistem penilaian yang berlaku;
s. melaporkan perkembangan pelaksanaan kegiatan kepada atasan;
t. memberikan saran, pendapat dan pertimbangan kepada atasan sesuai bidang tugasnya; dan melaksanakan tugas-tugas lain yang diberikan atasan sesuai bidang tugasnya.