Kunker ke Palangkaraya, Komisi C DPRD Pati Studi Banding e-planning Dan e-budgeting

Pati Kota – Komisi C DPRD Kabupaten Pati melakukan studi banding penerapan e-planning dan e-budgeting ke Kota Palangkaraya Kalimantan Tengah, untuk beberapa hari. Dalam studi banding itu Komisi C DPRD menggandeng Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda). Penerapan e-planning dan e-budgeting oleh Pemkot Palangkaraya Provinsi Kalimantan Tengah, menggoda eksekutif dan legislatif Kabupaten Pati. Sehingga DPRD dalam hal ini Komisi C yang membidangi pembangunan dan Bappeda Kabupaten Pati berkunjung ke kota tersebut, untuk studi banding.

Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Pati Awi mengatakan, studi banding ini dalam rangka melihat dari dekat upaya sinkronisasi penerapan sistem e-planning dan e-budgeting yang telah dilakukan Pemkot Palangkaraya. “Artinya walaupun di sini di Palangkaraya sudah Kotamadya namun dalam hal ini ternyata sama dengan Kabupaten Pati. Karena sudah menerapkan sistem e planning dan e budgeting yang sama-sama 1 aturan yang berangkat dari undang-undang. Jadi ternyata walaupun Kotamadya kita Kabupaten Pati juga tidak begitu Tertinggal dibandingkan dengan Kotamadya Palangkaraya,” tuturnya.
Selain itu, kata Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Pati, lembaga legislatif juga ingin mencari tahu kebijakan Pemerintah Pusat yang memilih Kota Palangkaraya menjadi salah satu alternatif relokasi ibukota negara. “Itu ada berbagai kriteria yang tentunya salah satunya itu adalah rencana oleh Bung Karno pada 1956. Di sana sudah didirikan Tugu Soekarno mencanangkan pembangunan di Kota Palangkaraya pertama kali. Saat itu di Gubernur I Tjilik Riwut yang sekarang menjadi nama bandara di Palangkaraya dan kebetulan sekali Wakil Walikota Palangkaraya itu putra asli dari Pati tepatnya berasal dari Kajen,” jelasnya.
Ketua Komisi C DPRD Kabupaten Pati Awi berharap, penerapan e-planning dan e-budgeting yang telah berjalan baik di Pati semakin lebih baik dari yang telah dilakukan Pemkot Palangkaraya.

admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

Empat Puluh Dua Inventor Ikuti Pati Innovation Award 2019

Thu Sep 12 , 2019
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Pati, Kota – Pemerintah Kabupaten Pati melalui Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda), menyelenggarakan Penghargaan Pati Inovasi (Pati Innovation Award) 2019. Meski lomba yang terbilang rumit, namun peserta yang mengikuti ajang ini semakin bertambah banyak. Empat puluh dua […]