“Rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Jawa Tengah 2022 melalui Video Conference.”

Perwakilan dari Bappeda Kab.Pati mengikuti rapat melaui video conference di ruang Garuda Bappeda Kab.Pati.

Rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Jawa Tengah 2022 melalui Video Conference (Aplikasi Zoom Meeting) dilaksanakan hari Rabu Tanggal 10 Februari 2021.

Rapat diawali dengan Laporan Penyelenggaraan dan penyampaian Substansi Rancangan Awal RKPD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 oleh Pj. Sekda Provinsi Jawa Tengah. Rapat Forum Konsultasi ini merupakan media penyampaian arah kebijakan dan Prioritas Pembangunan Jawa Tengah Tahun 2022, yang bertujuan mendapatkan masukan, usulan, dan saran untuk kelengkapan perbaikan, dan penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Tahun 2022. Isu strategis pembangunan Provinsi Jawa Tengah 2022 diantaranya adalah Penanggulangan Kemiskinan, Peningkatan kualitas dan daya saing SDM, Daya saing ekonomi dan peningkatan kesempatan berusaha, keberlanjutan pembangunan dengan memperhatikan daya dukung lingkungan dan kelestarian SDA, Kedaulatan pangan dan energi, Kesenjangan wilayah, dan Tata kelola pemerintahan dan kondusivitas wilayah.

Saran dan masukan penyempurnaan Dokumen Rancangan Awal RKPD Provinsi Jawa Tengah Tahun 2022 yang belum tersampaikan secara langsung dalam forum ini, dapat disampaikan sampai dengan tanggal 12 Februari 2021 melalui kanal website jatengprov.go.id/masukanrkpd2022. Usulan kegiatan dari masyarakat dan stakeholders lainnya dapat disampaikan mulai tanggal 11 Februari 2021 melalui website rembugan.jatengprov.go.id.

Selanjutnya paparan dari Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional / Kepala Bappenas RI Bapak Suharso Monoarfa yang hadir melalui zoom sebagai Narasumber, menyampaikan arah kebijakan pembangunan Nasional Tahun 2022. Indikasi isu penting Tahun 2022 diantaranya adalah Pemulihan ekonomi, Reformasi sistem kesehatan nasional, dan Transformasi ekonomi yang inklusif.

Video Conference Rapat Forum Konsultasi Publik Rancangan Awal RKPD Jawa Tengah 2022.

 Gubernur Jawa Tengah Bapak Ganjar Pranowo, dalam sambutan dan pengarahannya menyampaikan bahwa Pembangunan Jawa Tengah Tahun 2022 di prioritaskan pada “Peningkatan Perekonomian Daerah dan Kesejahteraan Masyarakat didukung Penguatan Daya Saing Ekonomi dan SDM. Arahan tersebut diantaranya adalah:

  1. Penguatan pertumbuhan dan ketahanan ekonomi dengan memperhatikan keberlanjutan lingkungan hidup dan pemantapan ketahanan bencana
  2. Penguatan percepatan pengurangan kemiskinan dan pengangguran
  3. Percepatan pemulihan dan peningkatan kualitas hidup dan kapasitas SDM menuju SDM berdaya saing
  4. Pemantapan tata kelola pemerintahan dan kondusivitas wilayah serta peningkatan kapasitas dan ketahanan fiskal daerah

Penyampaian pokok-pokok pikiran DPRD Provinsi Jawa Tengah yang disampaiakan secara langsung oleh Ketua DPRD Provinsi Jawa Tengah Bapak H. Bambang Kusriyanto, B.Sc. Penguatan kesejahteraan dan perekonomian masyarakat di dukung penguatan daya saing ekonomi daerah. Terkait dengan recovery ekonomi pasca pandemi Covid-19 meliputi Penyusunan RKPD harus disemangati oleh prinsip kemanfaatan secara langsung bagi masyarakat, berorientasi pada output, outcome, benefit dan impact yang terukur, dan kesinambungan antara pemerintah pusat dan pemerintah daerah dalam penanganan Covid-19.

Hubungi kami :

https://www.instagram.com/bappeda_kabpati/

https://www.facebook.com/search/top?q=bappeda%20kabupaten%20pati


bappeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

"Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021."

Fri Feb 12 , 2021
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Kamis tanggal 11 Februari 2021, Bappeda Kabupaten Pati mengikuti Penilaian Tahap II Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021. PPD merupakan ajang penghargaan perencanaan pembangunan yang diselenggarakan oleh Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas). Pada Penilaian Tahap I (penilaian […]