“PENILAIAN TAHAP II PENGHARGAAN PEMBANGUNAN DAERAH (PPD) KABUPATEN PATI TAHUN 2021.”

Kabupaten berhasil meraih Peringkat I Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 untuk Tingkat Provinsi Jawa Tengah, sehingga berhak mewakili Provinsi Jawa Tengah untuk mengikuti penilaian di Tingkat Nasional. Penilaian ini merupakan penilaian tahap II setelah pada penilaian tahap I yang telah dilaksanakan secara zoom meeting pada tanggal 11 Februari 2021 oleh Tim Penilai Independen dan Tim Penilai Utama dari Provinsi Jawa Tengah lalu Kabupaten Pati masuk nominasi penilaian di tingkat Nasional mewakili Provinsi Jawa Tengah bersama dengan Kota Semarang. Pada penilaian Tahap I, Kabupaten Pati berhasil masuk nominasi untuk mengikuti penilaian Tahap II.  Pada Hari Senin tanggal 22 Maret 2021, Bappeda Kabupaten Pati mengikuti Penilaian Tahap II PPD Tahun 2021 untuk Tingkat Nasional yang diselenggarakan melalui video conference dengan aplikasi Zoom Meeting. Pada penilaian tahap II ini merupakan penilaian oleh Tim Penilai Independen dan Tim Penilai Utama dari Pemerintah Pusat yang dilaksanakan dalam bentuk diskusi dan wawancara melalui zoom meeting. Acara berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati dan dihadiri oleh Bupati Pati, Ketua DPRD, Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda, Kepala BPKAD, Inspektur Daerah, Kepala DLH, beserta stakeholder lainnya.

Penilaian Tahap II dilakukan oleh 6 Tim Penilai yang terdiri dari 4 orang Tim Penilai Independen dan 2 orang Tim Penilai Utama dari Bappenas. Penilaian dilakukan melalui in-depth interview dengan menggunakan 22 indikator, yaitu: (1) Penilaian Pencapaian Pembangunan dengan 10 indikator, (2) Penilaian Kualitas Dokumen RKPD dengan 4 indikator, (3) Penilaian Proses Penyusunan Dokumen RKPD dengan 4 indikator, dan (4)  Penilaian Inovasi dengan 4 indikator. Penilaian berlangsung kurang lebih selama 100 menit yang dimulai dengan pembukaan, pemutaran video profil daerah dan upaya untuk pencapaian pembangunan, presentasi oleh Kepala Bappeda dilanjutkan dengan wawancara dan diakhiri oleh penutup dari Tim Penilai Utama Bappenas.

Pada saat penilaian Kepala Bappeda memaparkan tentang capaian pembangunan Kabupaten Pati dengan tema RKPD Tahun 2021 “Merata Bersama” dan tagline “Nyawiji Mbangun Pati kang Mukti”. Sementara itu, untuk inovasi Kabupaten Pati menampilkan Ekowisata Pantai Kertomulyo dengan tagline “Ayo Dolan Jogo Lingkungan: Kuatkan Imunitas Sosial”.

Acara selanjutnya adalah diskusi tanya jawab oleh Tim Penilai Pusat  yang  ditanggapi oleh Kepala BAPPEDA dilengkapi penjelasan oleh Bupati Pati, Ketua DPRD Kabupaten Pati, dan Kepala BPKAD Kabupaten Pati.

Hubungi kami :

https://www.instagram.com/bappeda_kabpati/

https://www.facebook.com/search/top?q=bappeda%20kabupaten%20pati

bappeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

"VERIFIKASI LAPANGAN PENILAIAN PENGHARGAAN PEMBANGUNAN DAERAH (PPD) KABUPATEN PATI TAHUN 2021 OLEH TIM OMBUDSMAN."

Tue Mar 30 , 2021
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) 2021 merupakan rangkaian evaluasi melalui tiga tahap yaitu penilaian dokumen, presentasi dan wawancara serta verifikasi. Penilaian tahap I dan II untuk tingkat Kabupaten telah sampai pada tahap verifikasi lapangan. Sebagai tindak lanjut dari […]