MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN NASIONAL (MUSRENBANGNAS) 2021 DALAM RANGKA PENYUSUNAN RKP 2022

Musrenbangnas 2021 dalam rangka penyusunan Rencana Kerja Pemerintah (RKP) tahun 2022 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 4 Mei 2021 secara virtual lewat kanal youtube dengan tema Pemulihan Ekonomi dan Reformasi Struktural.

Acara peresmian pembukaan Musrenbangnas dihadiri oleh Presiden Joko Widodo, Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala BAPPENAS, Menteri Keuangan, dan Menteri Dalam Negeri serta diikuti secara virtual oleh Wakil Presiden, Para Menteri, Gubernur, Bupati, Walikota, Kepala Bappeda Provinsi dan Kabupaten/Kota serta undangan lainnya.

Acara diawali dengan laporan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas Bapak Soeharso Monoarfa, bahwa musrenbangnas dilaksanakan secara virtual sebagai langkah bijak di masa pandemi.

Selanjutnya adalah pengumuman Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021 untuk Provinsi/Kabupaten/Kota yang memiliki perencanaan, pencapaian, inovasi terbaik dan penghargaan khusus.

Kabupaten Pati termasuk dalam 10 Kabupaten Terbaik 2021, akan tetapi yang menjadi terbaik I adalah Kabupaten Bangka, terbaik II Kabupaten Banggai, dan terbaik III Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Sementara itu Kota terbaik I diraih Kota Semarang, terbaik II Kota Padang, dan terbaik III Kota Bandung.

Provinsi terbaik I diraih Provinsi Sumatera Barat, terbaik II Provinsi Jawa Barat, dan terbaik III Provinsi Bengkulu.

Penghargaan Khusus daerah dengan inovasi pembiayaan alternatif diraih Pemerintah Kota Pekanbaru dan penghargaan khusus daerah dengan ekonomi hijau dan rendah karbon diraih Pemerintah Provinsi Bali.

Setelah pengumuman Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) Tahun 2021, selanjutnya adalah pengarahan Presiden Joko Widodo sekaligus membuka secara resmi acara musrenbangnas.

Setelah pembukaan acara dilanjutkan dengan paparan para Menteri, diawali dari paparan Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional/Kepala Bappenas berupa Arah kebijakan pembangunan nasional pada Rencana Kerja Pemerintah Tahun 2022, lalu paparan Menteri Keuangan berupa Arah kebijakan fiskal 2022, dan paparan Menteri Dalam Negeri yaitu Sinkronisasi perencanaan pembangunan daerah dalam mendukung prioritas nasional 2022.

Setelah paparan para Menteri dilanjutkan dengan diskusi dengan naras umber Deputi Bidang Ekonomi Bappenas, Deputi Bidang Pembangunan Manusia, Masyarakat dan Kebudayaan Bappenas, Dirjen Perimbangan Keuangan Kementerian Keuangan, Dirjen Bina Pembangunan Daerah Kementerian Dalam Negeri dengan moderator Deputi Bidang Pemantauan, Evaluasi dan Pengendalian Pembangunan Bappenas.

Hubungi kami :

bappeda

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Next Post

"KULTUM Di BAPPEDA PATI SELAMA BULAN RAMADHAN 2021."

Fri May 7 , 2021
Share on Facebook Tweet it Share on Google Pin it Share it Email Kuliah Tujuh Menit (Kultum) dilaksanakan setiap hari Senin sampai dengan Kamis sehabis sholat Dhuhur berjamaah bertempat di mushola Bappeda selama bulan ramadhan. Kuliah Tujuh Menit (Kultum) ini sudah dilaksanakan sejak ramadhan hari pertama sampai nanti sebelum libur […]