KONSULTASI PUBLIK RANCANGAN AWAL RKPD KABUPATEN PATI TAHUN 2024

Rabu, 22 Feb 2023 | 08:49:42 WIB - Oleh Administrator


Kegiatan Konsultasi Publik Rancangan Awal Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Kabupaten Pati tahun 2024 dilaksanakan pada hari Selasa tanggal 7 Februari 2023 bertempat di Pendopo Kabupaten Pati.

Dihadiri oleh Penjabat Bupati Pati, Komandan Kodim 0718 Pati, Kapolresta Pati, Ketua DPRD Kabupaten Pati, Sekretaris Daerah, Kepala Bappeda, Semua Kepala OPD, Camat, dan Perwakilan Stakeholder Pembangunan serta dihadiri oleh utusan dari Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang diwakili oleh Kabid Perekonomian Bappeda Provinsi Jawa Tengah. Selain itu acara ini juga diikuti secara daring oleh Instansi Tingkat Provinsi dan Stakeholder lainnya.

Acara diawali dengan laporan penyelenggaraan sekaligus paparan oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pati Dr. Muhtar, SIP, MM, Bahwa maksud Forum ini merupakan media penyampaian arah kebijakan dan prioritas pembangunan Kabupaten Pati Tahun 2024. Sedangkan tujuannya adalah  mendapatkan masukan, usulan dan saran untuk kelengkapan perbaikan, dan penyempurnaan Rancangan Awal RKPD Tahun 2024.

Selanjutnya sambutan Bappeda Provinsi Jawa Tengah yang disampaikan oleh Kepala Bidang Perekonomian Bappeda Provinsi Jawa Tengah Bapak Yuswanto. Memaparkan tentang arah kebijakan Pembangunan Daerah Provinsi Jawa Tengah Tahun 2024-2026. Bahwa perencanaan pembangunan daerah dilakukan secara bertahap dan berkesinambungan, transparan, responsif, efisien, efektif, terukur, akuntabel, berorientasi pada hasil (outcome), dan berbasis risiko (riskbased planning) dengan pendekatan money follow programme dan programme follow result, inovatif dan kreatif, dalam menyelesaikan permasalahan pembangunan, serta mendukung sinergi prioritas/program strategis Nasional, Provinsi, dan Kabupaten/Kota; Memperhatikan dan mensinergikan upaya penghapusan kemiskinan ekstrim, percepatan penurunan stunting, pengendalian inflasi, implementasi Satu Data Indonesia dan kondusivitas wilayah.

 

Acara selanjutnya adalah paparan dari Ketua DPRD Kabupaten Pati Bapak Ali Badrudin, SE, yang memaparkan tentang Pokok-Pokok Pikiran DPRD Kabupaten Pati.

 

Selanjutnya adalah sambutan dari Penjabat Bupati Pati Bapak Henggar Budi Anggoro, S.T., M.T. Bahwa Tahun perencanaan 2024 ini merupakan tahun kedua perencanaan transisi dalam menyongsong pelaksanaan pilkada serentak tahun 2024, yang mendasarkan pada arah Rencana Pembangunan Daerah (RPD) Tahun 2023-2026 sebagai perencanaan jangka menengah daerah transisi yang ditetapkan dengan peraturan Bupati Pati Nomor 15 Tahun 2022 dan menjadi pedoman Penjabat Bupati Pati dalam melaksanakan pemerintahan dan pembangunan.

 

Sementara itu mengacu pada data-data makro, Isu strategi daerah pada tahun perencanaan 2024 dan memperhatikan arahan Pemerintah Pusat maupun Provinsi Jawa Tengah, dirumuskan 4 (empat) isu strategis yaitu, pertama Pemerataan kualitas Sumber Daya Manusia dengan peningkatan ketersediaan dan kualitas layanan pendidikan dan kesehatan; kedua Peningkatan pertumbuhan ekonomi yang berkualitas dengan menekankan pada tiga lapangan usaha utama yang berkontribusi terbesar terhadap pertumbuhan ekonomi dengan tetap memperhatikan kelestarian lingkungan; ketiga penurunan kemiskinan dengan fokus peningkatan akses layanan dasar dan pemberdayaan masyarakat miskin; dan keempat peningkatan tata kelola pemerintahan dengan menekankan kepada penguatan fungsi birokrasi dan peningkatan akses dan kualitas pelayanan publik. Keempat isu strategis itu nanti akan ditangani melalui berbagai kebijakan, program, kegiatan yang akan direncanakan dalam Rencana Kerja Pemerintah Daerah Kabupaten Pati Tahun 2024.

 

Acara yang terakhir adalah diskusi yang dipandu oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pati dengan narasumber Penjabat Bupati Pati dan Sekretaris Daerah Kabupaten Pati, Beberapa peserta memberikan masukan saran usul baik dari stakeholder maupun dari eksekutif.