MUSYAWARAH PERENCANAAN PEMBANGUNAN (MUSRENBANG) KABUPATEN PATI DALAM RANGKA PENYUSUNAN RKPD KABUPATE

Selasa, 28 Mar 2023 | 08:37:14 WIB - Oleh Administrator


Musyawarah Perencanaan Pembangunan Kabupaten Pati merupakan salah satu tahapan dalam proses penyusunan RKPD Kabupaten Pati Tahun 2024 dilaksanakan pada hari Senin tanggal 27 Maret 2023  bertempat di Pendopo Kabupaten Pati.

Pelaksanaan Musrenbang Kabupaten dilaksanakan secara luring dan daring. Secara luring dihadiri oleh Pj. Bupati Pati sekaligus membuka acara, Forkompinda Kabupaten Pati, Ketua DPRD Kabupaten Pati, Ketua Komisi DPRD Kabupaten Pati, Bappeda Kabupaten Pati, semua Kepala OPD di Kabupaten Pati, semua Camat se-Kabupaten Pati, Delegasi Kecamatan sebanyak 63 orang (masing-masing 3 orang tiap kecamatan), dan perwakilan lembaga/ormas. Sedangkan Anggota DPRD, Instansi vertikal, lembaga/ormas yang lain mengikuti secara daring.

Maksud penyelenggaraan Musrenbang Kabupaten adalah merupakan forum musyawarah perencanaan pembangunan tahunan yang dilaksanakan secara demokratis antara pemangku kepentingan pembangunan dalam rangka penyempurnaan rancangan RKPD Kabupaten.

Adapun tujuan Musrenbang Kabupaten adalah : 1) Menyepakati permasalahan pembangunan daerah; 2) Menyepakati prioritas pembangunan daerah; 3) Menyepakati program, kegiatan, pagu indikatif, Indikator dan target kinerja serta lokasi; 4) Menyelaraskan program dan kegiatan pembangunan daerah dengan sasaran dan prioritas pembangunan provinsi; 5) Klarifikasi program dan kegiatan yang merupakan kewenangan kabupaten dengan program dan kegiatan desa yang diusulkan berdasarkan hasil Musrenbang Kecamatan.

Acara diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya, dilanjutkan dengan doa, selanjutnya adalah pemutaran video pembangunan Kabupaten Pati, Laporan Penyelenggara sekaligus paparan rancangan RKPD Kabupaten Pati tahun 2024 oleh Kepala Bappeda Kabupaten Pati Dr. Muhtar, SIP, MM, dilanjutkan paparan Narasumber Bappeda Provinsi Jawa Tengah, Penyampaian Pokok-Pokok Pikiran DPRD oleh Ketua DPRD Kabupaten Pati, sambutan pengarahan dan kata pembukaan oleh Penjabat Bupati Pati Bapak Henggar Budi Anggoro, S.T., M.T.

Setelah acara pembukaan selesai dilanjutkan diskusi yang dipandu oleh moderator Staf Ahli Bupati Sutikno Edi, S.T., M.T. dengan Narasumber Kepala Bappeda Kabupaten Pati, Bappeda Provinsi Jawa Tengah, dengan didampingi Para Kepala Bidang Bappeda Kabupaten Pati serta Perencana Madya Bappeda Kabupaten Pati.