PENGUKUHAN TIM PERCEPATAN PENURUNAN STUNTING (TPPS) KABUPATEN PATI TAHUN 2022

Senin, 20 Jun 2022 | 09:20:18 WIB - Oleh Administrator


Pada agenda pengukuhan yang berlangsung di Pendopo Kabupaten Pati tersebut, dihadiri langsung Bupati Pati, Haryanto dengan didampingi oleh Wakil Bupati Pati, Saiful Arifin.

Dikukuhkan  sebanyak 17 Kepala OPD yang tergabung dalam Tim Percepatan Penurunan Stunting pada hari Senin tanggal 6 Juni 2022.

Dalam sambutannya, Bupati berpesan agar seluruh tim yang hadir dan tergabung dalam TPPS tersebut, dapat berperan secara maksimal dalam penurunan angka stunting di Kabupaten Pati.

“Stunting ini perlu adanya peran serta dari semua pihak, termasuk yang hari ini dikukuhkan ada 17 Kepala OPD. Harapannya tentunya bisa fokus pada penurunan angka stunting di Pati,” harapnya saat memberikan sambutan pada acara tersebut.

Selanjutnya ia menambahkan, TPPS nantinya dapat bekerja secara fokus pada sasaran desa yang sudah dinyatakan sebagai lokus stunting.Dengan demikian,  program yang dijalankan bisa tepat sasaran dengan melibatkan beberapa OPD tersebut. Sehingga penurunan stunting bisa benar-benar terealisasi.

“Bahwasanya kami sudah membuat Perbup yang terintegrasi dengan OPD dalam menjalankan stunting. Nantinya di lapangan bisa dilakukan secara tepat. Kita jugakan sudah mengalokasikan desa-desa yang endemik tersebut,” imbuhnya.

Diketahui yang tergabung dalam TPPS Kabupaten Pati yakni Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda), Dr. Muhtar, SIP, MM yang akan berperan sebagai Ketua TPPS. Kemudian wakil ketua dari Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, dr. Aviani Tritanti Venusia.

Dalam Sambutannya Bupati Pati mengatakan bahwa sejak tahun 2019 data menunjukkan Kabupaten Pati cukup tinggi angka stuntingnya. Kabupaten Pati sudah mempunyai support anggaran untuk stunting termasuk diambilkan dari Dana Desa untuk penganggaran stuntingnya.

Sasaran stunting antara lain: calon pengantin, ibu hamil, ibu menyusui, baduta dan balita serta pentingnya data stunting yang valid. Mulai dari kader kesehatan yang dibentuk, regulasi, data valid, penanganan yang tepat sasaran dan koordinasi yang intensif diharapkan dalam waktu dekat angka penurunan stunting dapat segera teratasi.

Akhir kata Bupati, dimasa pandemi covid yg mulai menurun ini,  berharap kita semua bergerak bersama dan terintegrasi untuk terus mengupayakan alokasi anggaran yang sudah dianggarkan supaya dari tahun ke tahun dapat menurun secara signifikan, karena Cegah Stunting itu Penting.