PENYERAHAN BANTUAN DARI BAZNAS KABUPATEN PATI SEBAGAI TINDAK LANJUT PENANGGULANGAN KEMISKINAN (GERAK

Kamis, 08 Sep 2022 | 09:16:52 WIB - Oleh Administrator


Acara penyerahan bantuan dari Baznas terkait tindak lanjut penanggulanangan kemiskinan (Gerakan Satu OPD Satu Desa Dampingan) di Desa Jatiroto dilaksanakan pada Hari Selasa, 6 September 2022, bertempat di Balai Desa Jatiroto.

Acara dihadiri dari unsur: Baznas Kabupaten Pati, Bappeda Kabupaten Pati, Camat Kayen, Dinas Sosial P3AKB, Pemdes Jatiroto, dan Warga Masyarakat Penerima Bantuan.

 

Acara dimulai dengan pembukaan, doa, Sambutan dari Kepala Desa Jatiroto, Sambutan dari Camat Kayen, Sambutan dari Ketua Baznas, Sambutan dari Kepala Bappeda, dilanjutkan dengan penyerahan bantuan dari Baznas untuk warga penerima bantuan.

 

Dalam upaya mengimplementasikan gerakan Satu OPD satu Desa Dampingan yang diinisiasi oleh Gubernur Jawa Tengah, dalam hal ini Badan Perencanaan  Pembangunan Daerah (BAPPEDA) Kabupaten Pati, menggandeng peran serta Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Kabupaten Pati dalam program penanggulangan kemiskinan di Kabupaten Pati.

 

Baznas Kabupaten Pati turut berperan dalam Gerakan Satu OPD Satu Desa Dampingan di Wilayah Kabupaten Pati dengan memberikan bantuan dana sebesar Rp.680.000.000,-. Dana tersebut diperuntukan untuk bantuan pembangunan Rumah Tidak Layak Huni (RTLH), Jambanisasi bagi masyarakat Kabupaten Pati yang termasuk dalam kategori prasejahtera dan lainnya.

 

Dalam kesempatan kali ini, Baznas menyalurkan bantuannya untuk warga masyarakat Desa Jatiroto yang merupakan Desa Dampingan/Binaan dari BAPPEDA. Bantuan yang disalurkan meliputi pembangunan RTLH sebanyak 5 unit dengan bantuan masing-masing sebesar Rp. 15.000.000, pembangunan jambanisasi sebanyak 12 titik dengan alokasi masing-masing titik sebesar Rp. 2.000.000,- serta bantuan kursi roda untuk warga disabilitas sebanyak 16 unit kursi roda dengan nominal Rp. 1.150.000,-.per unitsehingga Total Bantuan yang diserahkan untuk Desa Jatiroto adalah sebesar Rp. 117.400.000,-

 

Dalam sambutannya Ketua Baznas mengharapkan bantuan tersebut untuk dipergunakan sebaik-baiknya, untuk memberikan manfaat dan berdampak langsung bagi masyarakat yang membutuhkan. Untuk bantuan kursi roda, apabila penerima manfaat tidak terpakai bisa dialihkan ke warga desa yang lain.

 

Kepala Bappeda Kabupaten Pati mengucapkan terimakasih atas bantuan yang diberikan oleh BAZNAS Kabupaten Pati, semoga dengan adanya bantuan-bantuan yang disalurkan dapat meminimalisir dan mengurangi kondisi kemiskinan di Kabupaten Pati. Selain itu juga mengajak beberapa perusahaan, organisasi dan lembaga swasta lainnya untuk tergerak membantu mensukseskan Gerakan Satu OPD Satu Desa Dampingan di Kabupaten Pati seperti yang sudah dilakukan oleh BAZNAS, mengingat keterbatasan kemampuan APBD maka diperlukan keterlibatan para pelaku kepentingan (pihak swasta atau perusahaan) dalam bentuk Corporate Social Responsibility (CSR) atau Tanggung Jawab Sosial Lingkungan Perusahaan (TJSLP).