SOSIALISASI PENYUSUNAN INSTRUMEN SURVEY PILOT PROJECT ENVIRONMENT HEALTH RISK ASSESSEMENT (EHRA)

Rabu, 01 Feb 2023 | 09:02:23 WIB - Oleh Administrator


Sosialisasi Penyusunan Instrumen Survey Pilot Project Environmental Health Risk Assessment (EHRA) untuk input data Aplikasi SI PALING SAPA Kabupaten Pati diselenggarakan pada Hari Selasa tanggal 10 Mei 2022 bertempat di Ruang Rapat Bappeda Kabupaten Pati .

 

Sosialisasi ini dihadiri oleh Bappeda Kabupaten Pati, Dinas Kesehatan Kabupaten Pati, Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Pati, Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang Kabupaten Pati, Sanitarian se-Kabupaten Pati, Konsultan Penyusunan EHRA Kabupaten Pati.

 

Kegiatan sosialisasi ini dibuka oleh Dra. Dyah Susilowati selaku Kepala Bidang Infrastruktur dan Kewilayahan BAPPEDA Kabupaten Pati. Dalam sambutannya, disampaikan bahwa output data EHRA ini nantinya sebagai bahan untuk penyusunan strategi sanitasi kabupaten/kota jangka waktu 5 (lima) tahun ke depan.

 

Selain itu, Dyah juga menyampaikan gambaran umum dari Penyusunan Instrumen Survey Pilot Project EHRA Kabupaten Pati.

 

“Pengambilan sampel survey EHRA nantinya dilakukan kepada 8.120 responden dengan rincian 40 responden/KK perdesa, jumlah sampel desa yang diambil sebanyak 203 desa dari 401 desa dan 5  kelurahan yang ada di Kabupaten Pati . Mengingat banyaknya data yang nantinya harus diinput, maka Bappeda Kabupaten Pati telah berinovasi dengan menciptakan sebuah Aplikasi bernama SI PALING SAPA yang diharapkan dapat membantu dalam proses penyusunan Pilot Project EHRA Kabupaten Pati”, ujarnya.

 

Acara dilanjutkan dengan penyampaian poin-poin penting yang nantinya akan menjadi prosedur lanjutan dalam Penyusunan Instrumen Survey Pilot Project EHRA untuk input data aplikasi SI PALING SAPA Kabupaten Pati.